Financial institution digital adalah financial institution yang menyediakan dan menjalankan layanan perbankan serba on-line. Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12 /POJK.03/2018 disebutkan bahwa Layanan Perbankan Digital adalah layanan bagi nasabah financial institution untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik yang dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan knowledge nasabah dalam rangka melayani nasabah secara lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (buyer expertise), serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah dengan memperhatikan aspek pengamanan.

Biasanya, nasabah bisa mengakses atau melakukan transaksi di financial institution digital dengan aplikasi. Dengan adanya aplikasi financial institution digital ini, memudahkan seseorang untuk membuat rekening, switch uang dan lain sebagainya hanya menggunakan HP. Nggak heran jika banyak nasabah, terutama kalangan anak muda, beralih dari financial institution konvensional ke financial institution digital.

Aplikasi financial institution digital bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat Play Retailer ataupun App Retailer. Berikut 7 aplikasi financial institution digital, dirangkum android62.com dari berbagai sumber.

1. Financial institution Jago

Financial institution Jago adalah financial institution digital sekaligus aplikasi finansial yang bekerja dengan prinsip life-centric. Salah satu keunggulan financial institution Jago yakni tidak menerapkan biaya admin. Untuk buka rekening, tutup rekening, saldo awal, administrasi bulanan, serta biaya akun dormant tak dipungut atau diambil biaya.

Untuk mengirim uang lewat aplikasi untuk sesama nasabah juga tak ditarik biaya admin, tapi jika ke rekening financial institution lain ditarik biaya per transaksi jika sudah melebihi kuota free of charge yang diberikan.

2. Neobank

Sebagai financial institution digital, Neobank tidak mempunyai bentuk fisik sebagaimana layanan financial institution pada umumnya, alias hadir sepenuhnya secara on-line. Semua layanan transaksi keuangan seperti switch, pembelian sampai dengan membuka rekening deposito bisa dilakukan sepenuhnya secara on-line melalui aplikasi. Neobank sudah diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Pinjaman (LPS) jadi sudah terjamin keamanannya dan terpercaya.

3. SeaBank

SeaBank adalah lembaga keuangan digital milik Sea Group, perusahaan induk dari situs e-commerce Shopee dan penerbit recreation on-line Garena. Aplikasi perbankan digital ini dapat membantu kamu dalam melakukan aktivitas finansial, mulai dari menabung hingga bertransaksi, melalui handphone kapan pun dan di mana pun.

Produk perdana SeaBank adalah rekening Tabungan, yang dapat mempermudah pengelolaan aktivitas finansial harian & menyediakan tabungan dalam satu rekening dengan bunga yang tinggi.

4. Jenius

Jenius merupakan aplikasi financial institution digital yang dikeluarkan oleh BTPN di tahun 2016. Aplikasi ini memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan hingga pembayaran dengan mudah.

Jenius menawarkan sejumlah fitur menarik. Salah satunya adalah memberikan pelayanan untuk pembukaan rekening financial institution, hanya melalui registrasi through smartphone. Selain itu, Jenius juga mengeluarkan kartu debit digital atau e-Card, yang berguna untuk melakukan transaksi e-commerce atau on-line lainnya.

5. LINE Financial institution

LINE Financial institution merupakan financial institution digital hasil kerja sama antara Financial institution Hana (PT Financial institution KEB Hana Indonesia) dan Line Monetary Asia. Pembukaan rekening di financial institution ini cukup mudah karena bisa dilakukan lewat aplikasi digital.

Selain itu transaksi perbankan seperti switch dan tarik tunai juga mudah dan praktis. Tidak perlu khawatir perihal keamanannya, sebab LINE Financial institution memiliki sistem keamanan yang canggih, sehingga knowledge nasabah tetap terjaga dengan baik.

6. Blu by BCA Digital

Blu by BCA Digital merupakan produk perbankan digital dari BCA Digital. Pendaftaran financial institution digital Blu bisa melalui video name dan transaksi berikutnya cukup melalui aplikasi.

Mengusung konsep cardless, pengguna aplikasi Blu tidak diberikan kartu debit sama sekali. Meski demikian nasabah tetap bisa melakukan tarik tunai lewat aplikasi atau dari seluruh ATM Financial institution BCA secara free of charge.

7. Digibank

Digibank merupakan financial institution digital yang dimiliki oleh Financial institution DBS. Financial institution digital ini memiliki menawarkan layanan financial institution yang paperless, branchless dan signatureless sehingga memungkinan nasabah untuk melakukan pembuatan rekening tanpa harus datang ke financial institution. Nggak hanya itu, nasabah juga bisa melakukan deposito, investasi obligasi, pengajuan kartu kredit, switch valas hingga pinjaman KTA melalui aplikasi.